Pemda Simeulue Launhcing Perdana Penyaluran Dana BLT-DD Kepada Warga Terdampak Covid-19 di Desa Sital

Simeulue||Selidikkasus.com||
Launhcing Perdana Penyaluran Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) oleh Pemerintah daerah yang dilaksanakan Pemerintahan Desa (Pemdes) Sital, Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue, Aceh, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun 2020 yang diserahkan kepada 42 Kepala Keluarga yang ada di Desa Sital, di Aula Gedung Serbaguna Desa Sital, Senin, 18 Mei 2020. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Simeulue H. Erli Hasim,SH.,S.Ag.,M.I.Kom, Unsur Forkopimda, Camat se Kabupaten Simeulue, Kepala Desa se Kecamatan Teupah Barat, Pendamping Desa, para relawan covid-19 desa sital, para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Penyerahan BLT langsung diserahkan oleh Bupati Simeulue secara simbolis kepada 6 orang perwakilan penerima BLT dari 42 orang.

Bupati Simeulue mengatakan pada hari ini alhamdulillah kita melaksanakan launcing perdana penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) di desa sital kecamatan teupah barat kabupaten simeulue kepada masyarakat yang telah dicanangkan selama tiga bulan kedepan.

Bupati Simeulue juga berharap dana atau bantuan yang diserahkan kepada masyarakat ini semoga bisa meringankan beban-beban masyarakat didalam menghadapi kondisi saat ini yaitu virus corona.

“walaupun bantuan ini kecil tapi bisa dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat kita”

Harapan dengan adanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang pada hari ini kita launhcing dan serahkan di desa sital kecamatan teupah barat, kiranya bagi para bapak ibu yang menerima BLT tersebut agar dapat dipergunakan sebaik-baiknya apalagi pada bulan suci ramadhan dan menghadapi idul fitri.

Sementara itu kepala desa Sital Ariana mengatakan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) tahap 1 untuk bulan april kepada warga yang berhak sebanyak 42 kepala keluarga besaran yang diterima per kepala keluarga Rp. 600.000 dengan total anggaran Rp. 25.200.000.

Kades Ariana juga menyampaikan kepada warga penerima BLT-DD Tahap I tahun 2020 agar dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk kebutuhan sehari-hari.

“Apalagi saat ini kita dalam keadaan sulit di pandemi Covid-19. Marilah kita bersama-sama bahu membahu saling membantu kepada warga yang sangat membutuhkan,” jelasnya.

Dalam penyaluran BLT Dana Desa ini Pemdes Sital tetap mengacu pada protokol kesehatan untuk menghindari wabah virus corona (Covid19).

Kades Sital Ariana juga menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah seperti guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kita wajib mematuhi aturan pemerintah dengan menjaga jarak saat berkomunikasi, mencuci tangan, jangan keluar rumah bila tidak ada kepentingan memakai masker saat keluar rumah, mengkomsusi vitamin dan menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya. 

Hal senada juga dikatakan Camat Teupah Barat Misrahudin, SE. Ia mengimbau kepada warga penerima bantuan sosial ini supaya dapat dipergunakan dengan baik.

Ia juga menyampaikan, bahwa Pemdes Sital telah menyalurkan BLT DD sesuai dengan apa yang telah dianjurkan pemerintah pusat.

Camat Teupah Barat Misrahudin menambahkan yang mana penyaluran BLT-DD Tahap I tahun anggaran 2020 secara simbolis di desa sital kecamatan teupah barat pada hari ini, sementara untuk semua desa yang lainnya mulai besok segera mungkin menyalurkan dana BLT-DD nya kepada masyarakat yang sudah didata dan layak menerimanya sebelum hari lebaran nantinya.

“segera mungkin untuk desa yang lainnya dalam wilayah kecamatan teupah barat sebelum hari lebaran dana BLT telah disalurkan kepada warga yang terdampak covid-19”

Begitu juga dengan para rekan-rekan camat dikecamatan yang lainnya dalam wilayah kabupaten simeulue mulai besok juga sampai dengan sebelum hari lebaran akan segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT-DD) tersebut.

Salah seorang warga penerima bantuan, Darwati warga desa sital menyampaikan ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Simeulue dan Pemdes Sital yang telah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk tahap 1 ini sangat membantu kami selaku masyarakat kecil yang terdampak virus corona. [helman]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*