Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama’ (LFNU) Gresik Gelar Rukyatul Hilal

Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama’ (LFNU) Gresik Gelar Rukyatul Hilal

Gresik – Selidikkasus.com Di tengah Mewabahnya Covid-19, Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Kabupaten Gresik (LFNU Gresik), Jawa Timur tetap menggelar Rukyatul Hilal penetapan 1 Ramadhan 1441 H.

Rencananya, kegiatan itu akan digelar pada Kamis (22/4/2020) besok di Balai Rukyat Condrodipo, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas.

Berbeda dengan rukyatul hilal sebelumnya, kali ini LFNU akan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan physical distancing dan membatasi jumlah kehadiran pengurus.

“Meski di tengah pandemi corona. Kita tetap menggelar rukyatul hilal awal bulan puasa besok sore,” kata Wakil Ketua LFNU Gresik Muchyiddin Hasan melalui keterangan tertulis, Rabu (22/4/2020).

Muchyiddin mengungkapkan, pihaknya juga menyiapkan seluruh peralatan. Bahkan, pengurus melakukan persiapan matang menjelang rukyatul hilal.

Sebelumnya, tambah Muchyiddin Balai Rukyat Condrodipo ini juga sudah dilakukan penyemprotan disinfektan beserta sarana penyediaan hand sanitizer agar pelaksanaan rukyat supaya steril.

Hal itu Sesuai dengan SOP pemantauan hilal dari PBNU dan Satgas Covid-19. “Kami tetap melaksanakan rukyatul hilal Kamis besok sesuai dengan SOP pemantauan hilal dari PBNU,” tambahnya.

Muchyiddin berharap cuaca pada Kamis besok cerah agar hasil pengamatan rukyatul hilal yang dilakukan bisa maksimal. “Berdasarkan data hisab ketinggian hilal dari berbagai metode hisab bahwa ketinggian hilal pada Kamis besok sekitar 3 derajat di atas ufuk,” ungkap Wakil Ketua LFNU Gresik. (*)

Lp-Korda Gresik F.Ihsan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*