Lakukan Panen Raya Di Pandeglang, Mentan; Jika Panen Semua Wilayah Seperti Ini Tak Perlu Ada Impor Beras

Pandeglang, selidikkasus.com – Menteri Pertanian (Mentan) DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH,. MH., melakukan panen raya di area Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dengan luas teritorial area 270 hektar. Kata dia, jika seluruh wilayah panen seperti ini tidak harus ditambah dari luar untuk stock pangan. Demikian dikatakan Mentan saat panen raya padi di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kamis (24/4).

Mentan mengatakan, tujuan dirinya ikut terlibat langsung dalam acara panen raya di Panimbang adalah dalam rangka pengecekan ketersediaan pangan agar bisa terkendali. “Saya tertarik dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Pandeglang jika diwilayahnya ketersediaan pangan cukup baik. Untuk itu Bapak Presiden Joko Widodo mengintruksikan kami untuk memvalidasi, dan hasilnya cukup memuaskan, dan ini alhasil dari kerja semua pihak, ungkapnya.

Dari bulan Mei hingga selesai Ramadhan saya yakin pangan akan tersedia dengan baik,imbuhnya.

Melihat potensi pertanian di Kabupaten Pandeglang cukup besar, maka Mentan mengintruksikan agar beberapa Direktorat Jenderal (Dirjen) untuk meluncurkan program guna mendukung peningkatan produktifitas pangan di Kabupaten Pandeglang khususnya.
“Dirjen Sapras bisa bantu untuk pengadaan combain, dan bantu juga pembiayaan melalui kredit lunak untuk pengembangan pertanian,ujarnya.

Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengatakan Pandeglang memiliki luas baku lahan 274.691 Ha, dimana kata Irna lahan sawah seluas 52.641 Ha, dan lahan darat 222.094 Ha.

Daerah kami saat ini merupakan penghasil beras sentra utama untuk Provinsi Banten, kontribusinya mencapai 35%, dan terhadap produksi pangan Nasional hampir 3%, kata Irna.

Dikatakan Hj. Irna Narulita, Pandeglang merupakan wilayah agraris tersebar di 35 Kecamatan, dan terdiri dari 327 Desa.
Potensi yang dimiliki disebutkan Irna yaitu : tanaman pangan, hortikultura, perikanan dan peternakan. Yang sekarang panen kurang lebih 250 hektar, dengan provitas 7-8 ton. Paritas yang ditanam padi Ciherang, oleh Poktan Karya Tani Desa Tanjung Jaya, jelasnya.

{Tomy/Kaperwil Banten}

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*