Covid-19 Akan Usai, Jika Semua Komponen Disiplin dan Taat Aturan

Pandeglang, selidikkasus.com – Penyebaran Covid-19 saat ini sudah menjadi permasalahan dunia karena lebih dari 250 negara yang sudah terjangkit virus tersebut. Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE, MM., menyakini penyebaran virus corona/covid-19 ini akan terhenti jika semua pihak terus disiplin, dan taat terhadap aturan yang telah dibuat.

“Kita terus terap protokol kesehatan, protokol komunikasi juga.
Tetap jaga jarak, gunakan masker, dan cuci tangan pakai sabun dengan ini penyebaran virus akan terputus,” kata Bupati Hj. Irna Narulita pada saat memimpin rapat dengan Gugus Tugas Covid-19 beserta para relawan corona di Pendopo Pandeglang, Jum’at (17/04/2020).

Diakui Hj. Irna dari bulan maret hingga saat ini tingkat Orang Dalam Pemantauan (ODP) cukup tinggi hingga mencapai 791.
Dari jumlah tersebut kata Hj. Irna, 622 sudah keluar dari pantauan, 108 masih dipantau.
“Ini berkat kerja keras semua pihak agar penyebaran Covid-19 di Pandeglang segera berakhir,” imbuhnya.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Pandeglang hingga hari ini kurang lebih ada 22 orang.
“7 orang sudah dinyatakan sembuh, 9 orang dalam perawatan, dan 6 orang lagi sudah meninggal dunia,” tuturnya.

Walaupun PDP, dan ODP belum dipastikan positif Covid-19, jika meninggal dunia sesuai aturan negara pemulasaran nya harus sesuai aturan protap penanganan pasien terjangkit Covid-19.
“Saya harap kita punya tempat khusus untuk memandikan jenazah, dan mengkafani karena ini harus kita berlakukan dengan baik,” pungkas Hj. Irna.

Bupati Pandeglang Hj. Irna juga mengapresiasi apa yang saat ini sudah dikerjakan oleh tim medis dan tim gugus tugas dalam mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Pandeglang. “Kita harus terus berupaya, penanganan cepat ambil keputusan supaya tidak melebar. Sekarang kita sudah menekan dengan berbagai kegiatan, koordinasi harus terus ditingkatkan,” pungkasnya.

Sementara Juru Bicara (Jubir) tim gugus tugas Covid-19 di Kabupaten Pandeglang dr. H. Acmad Sulaeman mengatakan jika mencuci tangan pakai sabun merupakan salah satu cara efektif memutus penyebaran Covid-19. Kata dia, Covid 19 ini akan mati jika terkena sabun, dan alkohol. “Covid 19 memiliki titik lemah yaitu lapisan gliko protein, lapisan ini akan terurai dalam waktu 2-3 menit jika kontak dengan sabun, dan alkohol,” katanya.

Dikatakan dr. H. Acmad Sulaeman penularan Covid-19 harus lewat droplet atau percikan yang dikeluarkan oleh orang yang positif covid 19. Droplet ini kata dia, bisa turun dimana saja di benda yang ada di sekitarnya. “Makanya prinsip cuci tangan pakai sabun itu sangat efektif, dengan sabun apapun,” pungkasnya.

Hadir dalam acara ini Kapolres Pandeglang AKBP. Sofwan Hermanto, S.Ik,. Dandim 0601 Pandeglang Letkol. Inf Deny Juwon Pranata, Ketua MUI Pandeglang K.H. Hamdi Ma’ani, MA,.
Kepala Kantor Kementerian Agama Pandeglang, Sekda Kabupaten Pandeglang H. Pery Hasanudin, Para Asda, Kepala Badan, dan Kepala Dinas.. {Tommy/Kaperwil Banten}

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*