Sinergikan Program Binter, Korem 071/Wijayakusuma Gelar Sisrendal Binter

Banyumas Guna untuk mensinergikan program Pembinaan Teritorial Korem 071/Wijayakusuma dengan Program Pemerintah Daerah, Korem 071/Wijayakusuma menggelar Sistim Perencanaan dan Pengendalian (Sisrendal) Pembinaan Teritorial (Binter) dengan jajarannya. Selasa (28/6/2022) di Aula Jenderal Sudirman Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

Sosialisasi Sisrendal Binter Korem 071/Wijayakusuma ini, diikuti para Pasi Ter dan Bati Ter Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., dalam sambutannya yang dibacakan Kasiterrem 071/Wijayakusuma Mayor Inf Darul Quthni, S.Ag., mengatakan sistem perencanaan dan pengendalian Binter, merupakan suatu proses kegiatan perencanaan yang dibuat secara teratur, terkoordinasi dan terpadu antara aparat kowil dan pemerintah daerah serta instansi terkait, untuk kepentingan kesejahteraan maupun kepentingan pertahanan negara dalam rangka mewujudkan pertahanan pada aspek darat.

Karenanya, untuk mengaplikasikan Sistem Pertahanan Semesta, Korem 071/Wijayakusuma pemberdayaan wilayah pertahanan didarat melalui Binter sesuai dengan Doktrin Kartika Eka Paksi.

Dikatakan Kolonel Yudha, penyelenggaraan Sisrendal Binter Korem 071/Wijayakusuma ini, dilaksanakan dalam rangka menjamin arah Binter secara konsisten dan berlanjut menuju pencapaian tujuan Binter melalui Sinergitas secara maksimal dengan Pemda.

Diterangkan, produk yang dihasilkan dari Sisrendal Binter ini meliputi produk dasar yang terdiri dari petunjuk teritorial (Jukter), Analisa Potensi Wilayah (Anpkowil), Analisa Potensi Pertahanan (Anpotwil), dan Rencana Pembinaan Teritorial (Renbinter), serta Produk Operasional yang terdiri dari Telaahan Pembinaan Teritorial (Telbinter) dan Program Pembinaan Teritorial (Progbinter).

“Menilik hal tersebut, terkait dengan banyaknya produk yang dihasilkan, maka perlu dibuat rencana pelaksanaan kegiatan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan Sisrendal Binter Korem 071/Wijayakusuma Tahun 2022”, jelasnya.

Danrem berharap agar kegiatan tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan memahami secara tepat dan benar sebagai pedoman pelaksanaan tugas di satuan masing-masing.

(One)