Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Pilkada Serentak Tahun 2020

Aru MalukuSelidikkasus.com-dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Pilkada Serentak Tahun 2020, Pengamanan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru.pada senin 21/9-2020 Pukul 09.00 Wit Bertempat di Ruang data Polres Kepulauan Aru Jln. Kilo 6 Kelurahan Siwalima, Kecamatan. Pulau pulau Aru,Kabupaten Kepulauan Provinsi Maluku

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) Rama Rimeiar Putra.

  • Ketua KPU Kab. Kepulauan Aru. Bpk. Mustafa Darakay, S.Sos,. M.Si.
  • Ketua Bawaslu Kab. Kepulauan Aru, Amran Bugis, SE.
  • Wakapolres Kep Aru Kompol Petrus Passauw SH.MH.
  • Pabung Kab. Kepulauan Aru Kodim 1503/Tual Mayor Arm Hi. La Musa, SH,. MH.
  • Kajari Kepulauan Aru diwakili Kasipidum, Henly Lakburlawal, SH.
  • Kabag Ops Polres Kepulauan Aru, Kompol Florensius Teddy, SH,.S.IK.
  • Kabid Trantib Satpol PP Pemda Kepulauan Aru Arnold Sedubun, SH.
  • Danramil 1503-04/Jerol Kapten Inf Dody Masaoy.
  • Para Perwira Satker Polres Kepulauan Aru.
  • Personil Polres Kep.Aru

Arahan Kapolres yang di bacakan Wakapolres Kepulauan Aru Kompol Petrus Passauw SH.MH,mengatakan,Secara Resmi Kepada Masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru. Bahwa Pelaksanan Pilkada Yang Sempat Tertunda Selama Kurang Lebih 3 (Tiga) Bulan Akibat Pandemi Covid – 19, Telah Dilanjutkan Kembali Sesuai Perpu Nomor 2 Tahun 2020. Tentang Perubahan Ketiga Atas Undang – undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati. Dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

Lanjutnya,Seperti Kita Ketahui Bersama Bahwa, Saat ini Kita Sementara Menjalankan Protokol Kesehatan Dalam Rangka Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Oleh Sebab Itu, Meskipun Demikian Saya Berharap Kita Semua Dapat Mengerti Dan Memahami Esensi Dari Pelaksanaan Kegiatan Ini. Sehingga Dapat Dijadikan Sebagai Acuan Dalam Pelaksanaan Tugas Kita Nantinya. Dalam Plaksanaan. Pengawasan Dan Juga Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020. Mengingat Semua Ini Merupakan Instrumen Yang Sangat Penting Dalam Menentukan Baik Buruknya Kualitas Sebuah Pilkada.

Dalam Amanat Hari Bhayangkara Ke-74 Tanggal 1 Juli 2020 Lalu, Presiden RI Menaruh Harapan Yang Besar Pada Tni Dan Polri Serta Penyelenggara Dan Pengawas Pemilu, Untuk Mampu Menjalankan Tugas, Fungsi Dan Perannya Masing-Masing Dengan Baik, Dalam Mengamankan Dan Mengawal Proses Demokrasi Pada Pilkada Serentak Tahun 2020. Di Masa Pandemi Covid-19, Dengan Tetap Menjaga Protokol Kesehatan.ungkapnya

Dirinya berharap Ini Hanya Akan Terwujud. Bila Kita Memiliki Komitmen Bersama Untuk Menjaga Dan Mengawal Serta Melakukan Pelaksanaan, Pengawasan Dan Pengamanan Yang Efektif, Efisien, Transparan Dan Akuntabel, Pada Pilkada Serentak Tahun 2020.

Kapolri Pada Beberapa Kesempatan Juga Telah Menyampaikan Dukungan Dan Sikap Polri Terhadap Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020. Dimana Polri Siap Mendukung Dan Akan Mengamankan Jalannya Pilkada Serentak Tahun 2020. Agar Dapat Terselenggara Dengan Jujur. Adil Dan Bermartabat Serta Akan Tetap Menjunjung Tingggi Netralitas Polri.pungkasnya

Selaku Kapolres Kepulauan Aru. Saya Dan Seluruh Personil Polres Kepulauan Aru Dan Jajaran Tingkat Polsek Dan Pospol Akan Sepenuhnya Mendukung Apa Yang Telah Digariskan Oleh Pimpinan Polri.

Saya Juga Memohon Dukungan Dari Kita Semua Untuk Tetap Menjaga Dan Memelihara Stabilitas Kamtibmas Yang Aman. Damai Dan Kondusif Sebelum. Saat Dan Setelah Pelaksanaan Pilkada Di Kabupaten Kepulauan Aru Tahun 2020. Dengan Meminimalisir Isu-Isu Provokatif Menyangkut Isu-Isu Primodialisme, Penyebaran Hate Speech, Berita Hoax, Radikalisme, Intoleransi Dan Terorisme, Serta Isu Politik Identitas Melalui Akun Jaringan Internet Di Media Sosial (FACEBOOK, TWITTER, INSTAGRAM, YOUTUBE). Agar Suhu Politik Tetap Cooling Down, Sampai Dengan Berakhirnya Seluruh Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020, Di Kabupaten Kepulauan Aru.pungkasnya

Lanjutnya,kami menyadari Sepenuhnya Bahwa Polres Kepulauan Aru Tidak Akan Dapat Menyelesaikan Semua Kerawanan Dan Ancaman Kamtibmas Sendiri. Tanpa Kerjasama Dari Semua Pihak. Oleh Sebab Itu Sekali Lagi Saya Mohon Dukungan Dan Mengharapkan Peran Aktif Dan Partisipasi Dari Kita Semua Untuk Sama-Sama Menjaga Dan Memelihara Kondusifitas Yang Ada. Sehingga Tetap Aman Dan Kondusif.

Demikian Sambutan Saya. Kiranya Apa Yang Telah Disampaikan. Dapat Membawa Manfaat Demi Kelancaran Dan Keamanan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 Di Kabupaten Kepulauan Aru Sesuai Harapkan Kita Bersama.ungkapnya.

Sementara,Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) Rama Rimeiar Putra, M.Tr (Hanla)dalam arhannya mengatakan,Sesuai instruksi Presiden bahwasannya harus selalu menjaga kesehatan
Situasi sekarang kita harus berjaga-jaga dengan menjaga diri kita agar terhindar dari virus covid-19.

intinya pada tanggal 09 Desember pada saat pelaksanaan sangat penting kita harus saling bekerja sama untuk mengamankan situasi di Kabupaten kepulauan Aru.

Lanjutnya,Saya selaku pimpinan TNI-AL dikabupaten kepulauan Aru, saya harapkan seluruh kegiatan agar bisa berjalan dengan aman dan lancar, kita akan tetap selalu mendukung pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah agar setiap pelaksanaan akan tetap berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Kita selaku Pimpinan TNI/POLRI dikabupaten kepulauan akan tetap solid serta akan membantu kelancaran dan keamanan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kab.kepulauan Aru.

Arahan Pabung Kabupaten Kepulauan Aru Kodim 1503/Tual Mayor Arm Hi. La Musa, SH,. MH.:

Saya harapkan kita dalam rangka pengamanan pemilu dapat bekerja sama dengan rasa tanggung jawab penuh untuk mengamankan kegiatan tersebut agar pemilu tahun ini berjalan dengan baik.

Saya harapkan kita dapat meminimalis seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan aman, tidak ada gesekan-gesekan apapun, berjalan sesuai aturan yang berlaku.pungkasnya

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Aru. Bpk. Mustafa Darakay, S.Sos,. M.Si.mengatkan,Saya harapkan seluruh warga Indonesia khusus warga di Kabupaten kepulauan Aru semua memberikan suaranya masing-masing dengan ada desakan-desakan dari pihak-pihak manapun.

Kita juga akan menghimbau kepada Bakal pasangan calon bahwasannya pada saat melaksanakan kampanye wajib harus selalu mematuhi semua protokol kesehatan covod-19.

Tanggal 26 September2020 Kpu akan melaksanakan kampanye damai, kami juga akan memberikan surat kepada TNI/POLRI guna memberikan sosialisi kepada seluruh masyarakat untuk wajib memberikan suaranya masing-masing.tutur dia

Pada Prinsip KPU tetap berada didalam jalur dan tetap menaati segala aturan-aturan yang ada dalam pelaksanaan pemilu nanti agar semuanya dapat berjalan sesuai dengan baik pungkas Darakay.

Arahan Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Aru, Amran Bugis, SE.:Sesuai dengan tugas dan fungsi kami sebagai pengawas dan penidakan, selalu melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan-tahapan yang dilakukan terkait pemilihan Bupati dan wakil Bupati di Kab.kep Aru.

Apabila ada hal-hal yang kita tidak inginkan bersama kita akan segera langsung kepada pihak TNI/POLRI pungkasnya.

Untuk di ketahui Penetepan calon Bupati dan Calon wakil bupati akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020 sekitar jam 10.00 WIT bertempat di Kantor KPU Kabupaten Kepulauan Aru jl. Ali Moertopo.

Sementara Pengundian nomor urut Pasangan Calon Bupati dan wakil bupati akan dilaksanakan pada tanggal 24 September 2020, digedung sitakena, dan KPU selaku penyelenggara akan menyesuaikan peserta yang hadir sekitar 50 orang dari pendukung/simpatisan kedua bakal Paslon.

Lp Kaperwil Maluku