PEMERINTAH PEMKAB PONOROGO SIAPKAN PROGRAM TANGGAP DARURAT PENANGGULANGAN COVID-19

PONOROGO — JATIM– Bupati Ipong Muchlissoni menyatakan bahwa Ponorogo saat ini berstatus tanggap darurat, setelah ketiga warganya positif virus Covid-19. Yakni dari kota 1 orang, Balong 1 orang, dan Slahung 1 orang.(06/04/2020)

Dijelaskan Ipong, dengan peningkatan status menjadi tanggap darurat, maka semua pasien Covid-19 yang ada di rumah sakit pemerintah maupun swasta secara otomatis biayanya akan ditanggung oleh pemerintah.

Selanjutnya, dengan dasar tersebut, maka pihaknya juga ada alasan atau dasar yang kuat untuk membuat berbagai program untuk penanganan Covid-19. Di antaranya seperti pembuatan ruang isolasi lebih banyak, dan itu sudah memungkinkan dengan status tanggap darurat tersebut.

Selain itu, ia juga sudah memerintahkan kepada desa untuk menyiapkan anggaran untuk pengadaan masker, setidaknya 1.000 masker untuk dibagikan kepada masyarakat desa yang usia di atas 15 tahun, masing-masing 2 masker.

“Dan termasuk program jaring pengaman sosial yang rencananya Pemkab akan memberikan bantuan sembako kepada warga masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 selama tiga bulan atau setara uang Rp 200 ribu terhitung bulan April dan setelahnya akan kita evaluasi, terangnya, Senin (6/4/2020).

Bantuan sembako itu akan diberikan kepada masyarakat terdampak yang belum menerima bantuan berbentuk apapun dari pemerintah. Dengan kriteria yang akan mendapat bantuan adalah pengusaha UMKM, tukang becak, tukang parkir, PKL di jalan protokol dan sebagainya.

(LP/DHONY IRAWAN H.W).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*