Kurangi Dampak Limbah Plastik Komunitas Kantong kertas (K3) Lakukan Aksi Pembagian Lima Puluh Ribu Kantong Kertas

Ruteng,Selidikkasus.com-Komunitas Kantong Kertas (K3) Kabupaten Manggarai memulai kampanye melawan dampak limbah plastik dengan melakukan aksi nyata berupa pembuatan kantong kertas untuk didistribusikan kepada para pedagang pasar yang selama ini merupakan pengguna kantong plastik terbesar di Kota Ruteng.

Kegiatan ini dijadwalkan akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama merupakan tahap persiapan yang berlangsung dari tanggal 23 Februari 2021 hingga 20 Maret 2021, sedangkan tahap kedua adalah tahap pelaksanaan, tahap ini dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 21 Maret 2021 hingga 21 April 2021.

Kegiatan ini akan dititikberatkan di dua lokasi pasar di Kota Ruteng, yakni Pasar Inpres Ruteng dan Pasar Puni. Kegiatan ini akan melibatkan segenap stakeholder yang berhubungan langsung dengan pengelolaan sampah, seperti masyarakat, pemerintah daerah, pihak swasta hingga LSM.

Menurut Yuvens Janggat yang merupakan koordinator Rumah Kantong Kertas (RKK) sekaligus inisiator kegiatan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya reuse karena kantong kertas yang diproduksi berasal dari limbah kertas sekolah dan perkantoran di Kota Ruteng.

“Kegiatan ini menggunakan kembali (Reuse) limbah kertas yang dihasilkan kantor-kantor pemerintah maupun swasta dan lembaga-lembaga pendidikan. Kami perkirakan produksi limbah kertas di Kota Ruteng mencapai 1 ton perhari, sehingga limbah itulah yang kami gunakan kembali untuk menghasilkan kantong kertas.” Beber Yuvens.

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk komitmen Rumah Kantong Kertas (RKK) yang merupakan bagian integral dari Rumah Perubahan Kabupaten Manggarai, untuk mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam meningkatkan kebersihan di Kota Ruteng, yang pernah mendapat predikat kota terkotor di Indonesia.” Jelas Yuvens menambahkan.

Komunitas Kantong Kertas (K3) sebagai pelaksana kegiatan dimotori oleh Undikarti Tulis (Ketua), Emilia Abul (Sekretaris) dan Jenny Hatu, Kornelia Ngones, Erna Piut, Sisilia Ley Sumi, Yuliana Kadem selaku team kreatif, serta team kampanye dan operasional yang beranggotakan Gerits Bocok, Gusti Genggo, Dodi Pan, Alan Grasilan, Levi Mahu dan Trisno Rahmat.

Ketua Komunitas Kantong Kertas (K3), Undikarti Tulis kepada Selidikkasus.com menjelaskan bahwa keterlibatan Komunitas Kantong Kertas (K3) merupakan bentuk kepedulian terhadap semakin masifnya penggunaan kantong plastik di Kota Ruteng.

“Kami merasa terpanggil untuk bersama-sama dengan pemerintah mengurangi penggunaan kantong plastik.” Ungkap Undikarti di Rumah Perubahan Kabupaten Manggarai pada Rabu (10/3/2021).

Output dari kegiatan ini diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat, khususnya para pelaku pasar dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan mengurangi penggunaan sampah plastik.

Lp/Gregorius Antonius Bocok