Pastikan Kesehatan Mental Terjaga, LPKA Palu Gelar Pendekatan dan Konseling Kepada ABH

 

Palu- selidikkasus.com- Kesehatan mental pada anak sangat penting untuk terus dijaga dan dibimbing, dalam hal ini Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu lakukan pendekatan dan konseling kepada Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) untuk dipersiapkan menjadi generasi berprestasi menuju Indonesia Emas 2045, Senin,(8/1/2024)

“Kegiatan tersebut dipimpin oleh 3 orang staf keperawatan Ummi Ayu, Ni Made Lisnawati, dan Lise yang berlangsung di ruang pendidikan LPKA Palu serta diikuti seluruh ABH.

Menurut Ummi Ayu, dalam rangka memberikan pendampingan ekstra perlu adanya komitmen bersama yang dibangun bagi setiap petugas , salah satunya dengan menghadirkan klinik konseling.

Pada momen tersebut, dirinya juga menjelaskan hal ini akan rutin dilakukan setiap minggunya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

“Tumbuh kembang bagi setiap anak sangat penting untuk masa depanya, maka dari itu kami siap untuk memberikan pendampingan dan mengarahkan berdasarkan minat serta bakat yang mereka miliki,” jelas Ummi

Selain itu, ia juga menambahkan kegiatan tersebut merupakan langkah preventif bila terjadi gangguan mental bagi ABH di LPKA Palu.

“Selain petugas pengawasan, hal ini juga menjadi deteksi dini kami dalam memberikan layanan kesehatan bagi seluruh ABH,” ujarnya

Hasil konseling tersebut nantinya akan dikumpulkan sebagai bahan pertimbangan guna menilai tingat tumbuh kembang ABH selama menjalani masa pembinaan di LPKA Palu. “Setelah ini, kami akan lakukan koordinasi bersama para wali/pengasuh, dan bersama-sama menentukan program pembinaan yag tepat bagi ABH,” tambah Ummi Ayu

Dilain sisi, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun memberikan apresiasi kepada jajarannya yang bergerak cepat diawal tahun. Ia juga menegaskan selalu bersikap harmonis serta menciptakan suasana yang nyaman saat melakukan komunikasi bersama ABH.

“Terima kasih atas kerja baiknya diawal tahun, selalu pertahankan dan terus berikan pelayanan yang maksimal,” ungkap Revanda

Bukan hanya itu, dirinya menambahkan bahwa kedepannya para tenaga kesehatan akan diberikan pelatihan bersama tenaga psikolog.

“Kita sudah melakukan perjanjian kerjasama dengan Ikatan Psikolog Indonesia Sulawesi Tengah, dalam waktu dekat ini akan dilakukan pelatihan bersama, hal tersebut merupakan langkah pasti kita di LPKA Palu dalam hal menjaga kesehatan mental bagi seluruh ABH,”Tutup (Humas LPKA Palu/red)

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui via whatsapp Redaksi (081371835194/Yohanes)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*