Peringati HAN 2023 LPA Deliserdang Apresiasi 3 Tokoh Peduli Anak

 

Pantailabu – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2023 di Kabupaten Deliserdang yang digagas Lembaga Perlindungan Anak (LPA) berkolaborasi dengan pengelola wisata jajanan ‘Pasar Kamu’, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Minggu (23/7).

HAN 2023 diwarnai penepungtawaran puluhan anak serta pemberian tali asih kepada belasan anak berkebutuhan khusus (ABK) serta pemberian souvenir dan pemberian penghargaan kepada tiga tokoh di Kabupaten Deliserdang yang dinilai berdedikasi dalam perlindungan terhadap anak.

Ketua LPA Deliserdang Junaidi Malik didampingi Wakil Ketua M. Andi Yusri, Sekretaris Amirul Khair, Bendahara Patimah dan Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Perlindungan Anak Kecamatan Sunggal menuturkan, meskipun peringatan HAN 2023 kali ini sangat sederhana namun terasa khidmat dan penuh dengan makna luar biasa. Konsep acara yang dikemas dengan suasana alami diarea wisata kuliner ‘Pasar Kamu’ menjadi lebih terasa mengingatkan kembali suasana kehidupan masa lampau.

Selain itu, gagasan kolaborasi dengan managemen ‘Pasar Kamu’ terasa lebih sakral dengan adat istiadat kearifan lokal lewat tradisi tepung tawar yang dimaknai sebagai bentuk do’a menjemput semangat bagi anak dengan harapan mereka merasakan bahagia dan terus terlindungi sejalan tema HAN 2023 “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Junaidi mengapresiasi dukungan Pemkab Deliserdang khususnya Dinas P3AP2KB, Dinas Pemuda OIahraga, kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar), Pemeritahan Kecamatan Pantai Labu, dan managemen Pasar Kamu serta pihak lainnya yang telah turut mendukung. Dan mengajak para orang tua untuk membangun sistem perlindungan anak dirumah agar anak yang merupakan generasi penerus dapat terlindungi dari kejahatan yang semakin tinggi belakangan ini, anak adalah masa depan kita, mari bersama melindungi anak untuk menyelamatkan masa depan.” tutupnya

“Kami sangat mengapresiasi dukungan semua pihak dalam peringatan HAN 2023. Ini adalah bentuk tanggung jawab kita bersama dalam memberikan perlindungan terhadap anak-anak di Deliserdang,” tuturnya.

LPA Deliserdang juga turut memberi taliasih kepada belasan ABK dari Pusat Kegiatan belajar Masyarakat (PKBM) Bunayya Kecamatan Pantai Labu serta berbagi souvenir kepada sejumlah anak yang dinilai punya interaksi positif juga cerdas dalam menjawab sejumlah pertanyaan.

Harus Bahagia Sedangkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Deliserdang, Miska Gewasari mengatakan, hari ini merupakan momentum spesial untuk anak-anak di Indonesia khususnya lagi di Kabupaten Deliserdang yang memperingati hari anak nasional.“Anak-anak harus bahagia pada hari ini. Hari ini merupakan momentum kebahagiaan untuk anak-anak kita,” ungkapnya.

Miska mengingatkan, bahwa anak dalam masa tumbuh kembangnya harus dipahami termasuk emosionalnya, Pemahaman yang baik terhadap perkembangan emosional anak sangat menentukan pembentukan karakternya.
“Tinggal ia orang dewasa mendampingi anak, memahamkan kenapa sesuatu itu boleh dan tidak boleh dilakukan,” terang Miska.

Begitu juga dengan Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (porabudpar) Deliserdang, Ismail menambahkan, semoga ‘Pasar kamu’ menjadi wisata jajanan tradisional yang menciptakan suasana aman, nyaman dan ramah pada anak. Sehingga setiap anak akan merasa bahagia jika berwisata ke ‘Pasar kamu’. tandasnya

Turut hadiri Mantan Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik, Kadis Porabudpar Ismail, Kadis Dukcapil Misran Sihaloho, Camat Pantailabu Muhammad Faisal Nasution, Bunda PAUD Kecamatan Pantailabu Hani M Faisal Nasution dan sejumlah tokoh pegiat perlindungan anak di Deliserdang.(*)