Warga Surowiti Turun Gunung Demi Ikut Vaksin Covid-19

Gresik, selidikkasus.com- Warga bukit Surowiti Panceng Gresik turun gunung untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Meski berada jauh di kota, ternyata warga disana sudah teredukasi pentingnya menjaga kesehatan dengan vaksin.

Vaksin sendiri merupakan upaya pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Diharapkan, pandemi berakhir jika vaksin dilakukan secara merata sesuai target dari masing-masing daerah.

Kades Surowiti Sonhaji menuturkan sebelum adanya program vaksinasi ini, dirinya bersama perangkat desa serta bidan melakukan sosialisasi dan edukasi bahwa vaksin aman.

Kades yang juga salah satu dedengkot ahli supranatural di Gresik itu menambahkan, bukan sekali atau dua kali sosialisasi ke masyarakat, Sonhaji bahkan sering memberikan informasi terkait protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Jadi target ada ratusan masyarakat bisa ikut vaksin Covid-19. Bahkan sebelumnya kami umumkan di mushala setempat. Untuk edukasi protokol kesehatan juga dilakukan di warga yang ada di Bukit Surowiti Gresik,” katanya, Senin (7/6/2021)

Meski keberadaannya jauh dari Kota Gresik, namun para petugas bersiap untuk melakukan pengabdian. Sejak pagi, bidan dan petugas dari Puskesmas Panceng sudah stanby di balai desa setempat.

Kemudian, satu persatu warga turun dari bukit untuk mengikuti vaksinasi. Untuk bisa ke balai desa, masyarakat harus menuruni ratusan anak tangga.

“Demi ikut vaksin, ini turun ke balai desa. Sebelumnya sudah diumumkan sama perangkat desa tentang pentingnya vaksin,” kata Mutohadi sembari menuruni anak tangga.

Sebelum disuntik, Mutohadi diperiksa kesehatannya terlebih dahulu melalui berbagai tahapan.

“Setelah diperiksa, tidak ada riwayat penyakit lalu saya disuntik vaksin. Tentu senang bisa ikut program ini,” imbuhnya.
Lp-Fununul Ihsan