Tersangka Korupsi Bank BRI Kabanjahe, Pelarian Berakhir Di Medan

Medan – Tim Inteijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) menangkap seorang mantan pejabat BRI cabang Kabanjahe, Kabupaten Karo, Yoan Putra (YP) di Kota Medan. Yoan Putra ditangkap setelah buron dan berpidah ke beberapa tempat persembunyian sejak 2020.

Dengan tangan diborgol, seorang tersangka kasus tindak pidana korupsi pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kabanjahe, menangis tersedu-sedu sembari memeluk ibunya, Selasa (25/5/2021) sekira pukul 11:00 WIB.

Yon Putra (YP) yang juga telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) tersebut Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sumut, Sumanggar Siagian mengatakan, Yoan Putra merupakan tersangka kasus dugaan korupsi penyaluran kredit komersil badan usaha di BRI cabang Kabanjahe tahun 2016 sampai dengan 2017 dan diketahui sebagai warga Kompleks Perumahan Sri Gunting, Sunggal Kanan Deli Serdang.

Tersangka YP berhasil ditangkap Tim Gabungan Intel Kejagung dan Kejatisu, yang dipimpin langsung oleh Asisten Intelijen (Asintel) Kejatisu DR. Dwi Setyo Budi Utomo, di sebuah pasar tradisional di Kecamatan Sunggal, Deli Serdang.

Kepada awak media, Asintel Kejatisu, menjelaskan, dalam pelariannya Yoan Putra Putra (YP) status buron dari kejaran Kejaksaan Republik Indonesia dan selalu berpindah-pindah tempat tinggal untuk menghindari petugas.

“Sebelumnya, tersangka YP ditetapkan sebagai DPO Kejatisu atas kasus dugaan korupsi di Bank BRI Cabang Kabanjahe, ia selalu pindah-pindah lokasi dan sekarang kita berhasil mengamankannya,” kata Asintel Kejatisu.

“Yang bersangkutan terjerat perkara tindak pidana pada penyaluran kredit komersil badan usaha di BRI Cabang Kabanjahe Tahun 2016 hingga 2017 dengan potensi kerugian negara mencapai 10 miliar rupiah,” ungkapnya.

Setelah berhasil mengamankan tersangka Yoan Putra (YP), memberikan kesempatan berpamitan dengan ibunya, Asintel Kejatisu, lantas membawanya ke gedung Korps Adhyaksa di Jalan Jenderal Besar AH Nasution, Medan, untuk proses hukum lebih lanjut. (SK-TimSumut)