Hilal Nampak di Bukit Condrodipo Gresik, Besok awal 1 Rhamadhan.

Hilal Nampak di Bukit Condrodipo Gresik, Besok awal 1 Rhamadhan.

Gresik – Selidikkasus.com Dari pengamatan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Gresik Jawa Timur yang dilakukan di Balai Rukyat Condrodipo, Kecamatan Kebomas, Ada dua saksi yakni H Innwanudin dan KH Azhar yang melihat dengan mata telanjang pada pukul 17.26 menit lewat 37 detik WIB.

Wakil Ketua LFNU Gresik Muchyiddin Hasan Kamis mengatakan, penglihatan hilal oleh saksi tersebut, terpantau di ketinggian antara 3 derajat, 2 menit dan 12 detik.

Dia mengatakan, sesuai dengan mekanisme dua saksi telah disumpah dan hasilnya dilaporkan ke Kementerian Agama setempat untuk penetapan 1 Ramadhan 1441 Hijriyah, atau awal jatuhnya bulan puasa.

Sebelumnya, pada pelaksanaan rukyatulhilal di wilayah itu, LFNU melakukan dengan protokol COVID-19, seperti jaga jarak (physical distancing), membatasi jumlah kehadiran pengurus dan wajib menggunakan masker, dengan tujuan untuk meminimalisir
penyebaran covid-19.

“Benar pelaksanaan rukyatulhillal saat ini beda dengan tahun tahun sebelumnya, kali ini LFNU menerapkan protokol kesehatan ketat, untuk memutus rantai COVID-19,” ungkapnya.

Lanjut Muchyiddin, LFNU juga melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah alat pemantau, beserta penyediaan sarana cuci tangan dan hand sanitizer di lokasi, agar pelaksanaan rukyat steril.

“Pelaksanakan juga dilakukan sesuai dengan prosedur pemantauan hilal dari Pengurus Besar Nahdotul Ulama’ (PBNU),”pungkasnya.

Lp-Korda Gresik F.Ihsan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*