Diduga Tambang Emas Ilegal di pantai Barat Terus Berlangsung Tampa Tersentuh Aparat Penegak Hukum

 

Madina-Sumut- www.selidikkasus.com
Aktifitas penambangan emas ilegal di beberapa titik wilayah pantai barat Mandailing Natal provinsi Sumatera Utara terus berlangsung.

Puluhan alat berat jenis ekskavator terus mengeruk bantaran sungai wilayah pantai barat yang biasanya sehari-hari airnya dijadikan masyarakat untuk berbagai aktifitas seperti mandi dan mencuci pakaian.

Penertiban yang dilakukan oleh aparat kepolisian tidak membuat para penambang jera melakukan aktifitasnya.

Beberapa warga pantai barat yang tidak mau di sebut namanya membenarkan aktifitas tambang emas ilegal itu terus berlangsung tanpa bisa tersentuh oleh hukum.

“Jika dibiarkan maka akan merusak ekosistem lingkungan yang ada. Apalagi sungai itu dijadikan tempat mandi dan aktifitas lainnya warga sekitar, ,” katanya.

Menurutnya penambangan emas ilegal tidak hanya bisa merusak kualitas air sungai, tapi juga menyebabkan kerusakan pada sempadan sungai, akibat pengerukan.

Ia mengatakan bagian yang dikeruk berdampak terhadap morfologi atau perubahan bentuk pada sempadan sungai, karena membentuk bukit-bukit tumpukan hasil galian.

Ia mengharapkan para pemodal dan pemain tambang emas ilegal itu ditindak tegas. Diperlukan pengawasan berkelanjutan dari berbagai pihak.

“Jika ini terus dibiarkan maka tunggu saja kerusakan lingkungan dan bencana alam melanda daerah sekitar sungai itu. Aktifitas ilegal ini sudah berlangsung berbulan-bulan, katanya.

Dari penelusuran dan informasi dilapangan para pemain tambang emas ilegal di sungai daerah.kecamatan batang natal-lingga Bayu-ranto baek-dan kecamatan muara Batang gadis (MBG) berkelompok-kelompok dan diduga dibeking dan dimodali oleh “orang kuat”.

Ia meminta kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk dapat menindak oknum yang terlibat dalam pembekingan aktifitas tambang emas tersebut.

“Kita berharap kepada panglima TNI dan Kapolri untuk segera menindak lanjuti persoalan tersebut. Karna aktifitas tambang tersebut diduga ada campur tangan oknum”, katanya

Penambangan emas ilegal itu merata di wilayah pantai barat ulasnya.

Sementara itu, belum lama dinas Lingkungan Hidup(DLH) madina di konfirmasi awak media menilai dampak dari pertambangan emas yang diduga ilegal di Kabupaten Mandailing Natal bisa menimbulkan bencana ekologi di masa depan.

“Bencana ekologi tersebut seperti banjir bandang, rusaknya ekosistem sungai, air keruh, rusak fisik sungai, hingga pencemaran zat berbahaya diakibatkan oleh aktivitas pertambangan emas ilegal tersebut,”

Ia mengatakan persoalan tambang emas ilegal sudah marak dan meresahkan sesuai laporan dan aksi masyarakat. Polisi harus bertindak dan jangan ada pembiaran.

Menurutnya aktifitas tambang emas ilegal sudah memicu keresahan masyarakat. Jika dibiarkan maka akan menimbulkan konflik di tengah masyarakat.

Selain itu dampak yang ditimbulkan juga memberikan dampak kerusakan ekologi dan masyarakat sendiri. Keberadaan pertambangan emas ilegal di pantai Barat telah menjadi ancaman serius terhadap ekologi dan kehidupan masyarakat dimasa depan.**(bersambung)