Giliran Ratusan Sopir Angkutan Umum di Gresik Dapat Vaksin Sinovac

Gresik-selidikkasus.com Sehari sebelumya para Kyai dan Imam Masjid menjalani vaksinasi, kali ini giliran bagi sopir dan pekerja angkutan umum di Kabupaten Gresik Jawa Timur mendapat vaksinasi sinovac. Dengan difasilitasi dinas kesehatan dan dinas perhubungan, ada ratusan sopir divaksin sinovac.

Vaksin tahap dua ini, Pemkab mendapatkan 20 ribu dosis untuk disuntiikan kepada 10 ribu orang dengan menyasar TNI-Polri, pelayan publik seperti ASN, pedagang, jurnalis, sopir angkutan, imam masjid serta para guru dan tenaga kependidikan.

Salah satu sopir angkutan umum, Sarwi menyambut baik adanya vaksinasi covid. Sebab, hampir setiap hari dia berinteraksi dengan penumpang.

Sopir angkutan khusus peziarah Sunan Maulana Malik Ibrahim ini berharap agar pandemi segera berakhir sehingga aktivitas serta ekonomi kembali pulih.

“Ini tadi sudah divaksin, terimakasih ke pak bupati yang telah melakukan vaksinasi kepada sopir. Hampir setiap hari kita berinteraksi dengan orang,” katanya pada Senin (8/3/2021).

Dalam vaksinasi tersebut langsung ditinjau oleh Bupati Fandi Akhmad Yani bersama jajaran Forkopimda serta didampingi Kadishub Nanang Setiawan serta Kadinkes drg Saifudin Ghozali.

Bupati Yani mengatakan, sopir dan pekerja angkutan memang sangat rentan terhadap penularan virus covid. Maka dari itu, pemerintah berupaya agar mereka divaksinasi

Meski sudah divaksin, Bupati berpesan agar tetap menerapkan protokol kesehatan ketat 5M seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan mengindari kerumunan.

“Jadi setelah ini harapannya para sopir dan pekerja transportasi umum bisa beraktivitas kembali, optimis bisa bangkit dan tidak tertular covid saat membawa penumpang,” ungkapnya.

Bupati menambahkan, pemberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro tahap 3 ini harus terus didukung semua pihak.

“Sebab melalui PPKM skala mikro ini angka covid di Gresik semakin menurun, kita bersama Forkopimda selalu kompak untuk penanganan pandemi ini,” tambah dia.

Kadishub Gresik Nanang Setiawan menjelaskan, secara bertahap seluruh petugas angkutan umum baik darat maupun kereta api maupun kapal penyebrangan akan divaksin.

“Kali ini 300 yang divaksin. Tentunya nanti akan dilakukan bertahap. Sehingga petugas transportasi aman dari covid,” terang Nanang menanggapi antusisasme vaksinasi Covid-19 untuk pekerja transportasi umum di Gresik.
Lp-Fununul Ihsan